BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Tujuan dari pada praktik di dunia
industry merupakan kesatuan yang harus di laksanakan oleh siswa SMK yang dapat
menambah ilmu dari luar sekolah. Pada umumnya system belajar monoton yang
dilakukan disekolah sangat lah kurang efisien untuk pembekalan di dunia kerja,
untuk itu diadakanya prakter kerja industry, dimana siswa dibimbing untuk
terjun langsung dan mengenal dunia otomotif langsung dari bengkel bengkel atau
perusahaan yang telah berkopeten sesuai dengan jurusan yang di ambil di
sekolah.
Dalam
praktek industry ini siswa juga dianjurkan mampu membuat laporan yang telah di
tugaskan oleh pihak sekolah, untuk itu penulis membuat laporan dengan judul perbaikan
sistem rem tromol pada sepeda motor karisma.
1.2 Tujuan Praktik Industri
Adapun tujuan tujuan
dari praktik industri adalah:
1. Menambah
pengetahuan dan wawasan yang luas
2. Siswa
dapat berkreasi dan menciptakan sesuatu yang lebih baik
3. Dapat
memperbaiki komponen dari system rem tromol pada sepeda motor karisma sesuai
dengan judul laporan yang diambil
4. Siswa
agar lebih mengenal dari komponen komponen system rem tromol
1.3. Adapun Rumusan Masalahnya:
1.
Rem tidak bekerja dengan baik
2.
rem berbunyi pada saat dilakukan pengereman
3.
pada system rem tidak bekerja sesuai dengan prodeur pengereman
1.4. Batasan Masalah
Didalam
penyusunan laporan ini banyak permasalahan yang timbul pada rem tromol, maka
penulis membatasi pembahasan ini hanya rem berbunyi ketika dilakukan
pengereman.
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
2.1. Sejarah Singkat Perusahaan
Yudo
motor sport merupakan usaha yang bergerak dibidang jasa otomotif yang meliputi
service dan pengadaan barang sepeda motor yang beralamatkan di gadingrejo. Judo
motor Sport berdiri pada tanggal 18 Agustus 2004 oleh bapak M. Yudho Kuncoro
dan memiliki mekanik, selain melayani service judo motor sport juga menjual
onderdil dan aksesoris sepeda motor seperti ban, sperpak motor dan alat alat
kelengkapan motor. Bengkel jdo motor yang letak dan tempat strategis tidk
kemungkinan banyak pelanggan yang datang untuk menservis motornya atau membeli
peralatan perlengkapan motor.
2.2 Struktur Perusahaan
Pimpinan
Yudho
|
|||
Dalam
struktur organisasi perusahaan pimpinan adalah mas yudho dan ada dua karyawan
yaitu masing masing maulana dan sanusi.
2.3 Denah Lokasi Yudho Motor Sport
SMK
Yapema
![]() |
![]() |
Lokasi
bengkel judo sport
BAB III
LANDASAN TEORI
3.1 Landasan Teori
Pada dasarnya setiap kendaraan baik
roda dua maupun roda empat itu dilengkapi dengan yang namanya system rem.
System rem pun ada beberapa jenis diantaranya rem tromol, rem cakram, rem
boster, rem angin dan rem penumatik. System rem sangatlah penting dalam suatu
kendaraan dimana berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan.syarat yang harus
dimiliki dari system rem adalah
1. Rem
dapat bekerja dengan maksimal
2. Kemampuan
pengereman dapat dipercaya
3. Gaya
pengereman pada setiap roda harus sama
4. Mudah
pada saat perbaikanya
Dari
penjelasan diatas memang sangatlah penting suatu kendaraan dilengkapi dengan
system rem, untuk keselamatan didri sendiri dan orang lain dalam berkendara.
Pada pembahasan ini yang akan di bahas adalah system rem tromol pada motor
karisma.
3.1.1 Cara Kerja Rem Tromol
System
rrem yang umum digunakan pada sepeda motor adalah rem tromol pada rod belakang
dan piringan pada roda depan. Prinsip kerja rem adalah geseka, dimana untuk
memperlambat atau menghentikan kendaraan sepeda motor. Mekanisme penggerak
system rem sepeda motor [ada umumnya menggunakan penggerak secara mekanis
tetapi ada juga yang menggunakan hidrolik.

3.1.2 Komponen Rem Tromol
· pedal
rem
berfungsi sebagai penekan untuk
mendorong tuas rem sehingga terjadi pengereman
·
sepatu rem dan kanvas rem


berfungsi sebagai media gesek terhadap
tromol yang mengakibatkan terjadi pengereman
·
pegas pengembali sepatu rem
berfungsi untuk mengembalikan sepatu rem
ke posisi semula setelah dilakukan pengereman
3.2 Proses Kerja
3.2.1 Analisis Kerusakan
Sebelum
dilakukan pembongkaran menganalisis kerusakan terlebih dahulu dilakukan agar
tau kerusakan apa yang terjadi pada rem yang akan di perbaiki.
1. Pengereman kurang pakem (kurang
mantep) kemungkinan penyebab:
·
Penyetelan kurang tepat.
·
Keausan pada tromol.
·
Keausan pada kampas.
·
Pemasangan kampas rem tidak benar.
·
Kabel rem macet (kurang pelumasan),
·
Terjadi kontaminasi pada tromol.
·
Terjadi kontaminasi pada kampas.
2. Handle lambat atau terlalu keras untuk kembali pada
posisi semula, kemungkinan penyebab:
·
Terjadi keausan pada sepatu rem akibat
bergesekan dengan nok (ton jolan).
·
Terjadi kerenggangan yang berlebihan
antara lengan rem dengan nok.
·
Terjadi keausan/patah, pada per rem.
·
Penyetelan kurang tepat.
·
Tromol macet, akibat kontaminasi.
·
Terjadi keausan pada sepatu rem
akibat pergesekan dengan nok.
3. Terjadinya
bunyi pada saat di rem sebagai pertanda :
·
Terjadi keausan pada kampas.
·
Terjadi Keausan pada tromol.
·
Kontaminasi pada tromol.
3.2.2
Alat dan Bahan
Alat
alat yang digunakan untuk pembongkaran rem tromol adalah sebagai berikut:
1.
Alat
·
Obeng –
·
Kunci T 12-14
·
Kunci Ring 18-19
·
Kanvas Rem Baru
2.
BAHAN
Rem Tromol Motor Karisma
3.2.3
Pembongkaran
Langkah
pembongkaran:
1. Lepaskan
baut penyetel rem
2. Buka
pengunci panelnya
3. Kendorkan
mur as dan tarik as nya
4. Lepaskan
roda dari dudukanya
5. Lepaskan
brake shoe/ sepatu rem
6. Kemudian
periksa komponen rem
3.2.4
Pemeriksaan dan Pengukuran
Karena
rem sering berbunyi pada saat di lakukan pengereman untuk itu pemeriksaan
tertuju pada kanvas rem nya.
Setelah
dilakukan pemeriksaan dan pengukuran didapat :
|
pengukuran
|
standar
|
Batas
minimum
|
Hasil
pengukuran
|
|
Tebal
kanvas rem
|
4
mm
|
1.5
mm
|
1
mm
|
Setelah
dilakukan pengukuran terhadap kanvas rem ternyata mengalami keausan atau di bawah batas limit
Untuk itu perlu dilakukan penggantian kanvas, karena kalau tidak diganti
penekanan sepatu rem terhadap tromol tidak maksimal sehingga pengereman tidak
berjalan dengan baik dan sering terjadi bunyi karena sepatu rem yg bergesekan
dengan tromol da juga dapat mengikis tromol.
3.2.5
Perbaikan.
Untuk
melakukan penggantian brake shoe dan kanvas rem maka perlu di perhatikan pada
saat mengganti sepatu rem langkahnya adalah :
1. Ganti
sepatu rem dengan sepatu yang baru
2. Pasang
pegas pengembali sepatu rem dan sepatu rem ke dudukan tromolnya
3. Pasang
panel pada tromol
4. Setelah
komponen masuk ke tromol roda pasang roda ke dudukanya
5. Pasang
as roda
6. Pasang
baut pengunci panel
7. Kencangkan
mur pengunci as dan kemudian setel rem nya
3.2.6
Pengujian
Setelah
melakukan pemeriksaan dan perbaikan
langkah selanjutnya yaitu pengujian pada rem tromol. Mula mula motor di standar
tenggah, kemudian putar roda dan injak pedal rem nya. Setelah dilakukan
pengujian tenyata rem bekerja dengn baik. Dan pengujian saat kendaraan berjalan
ternyata bunyi pada saat pengereman hilang dan perbaikan berhasil
3.2.7 Perhitungan Barang Dan Jasa
harga kanvas rem = Rp. 15.000
sewa alat =
Rp 5000
ongkos kerja = Rp. 10.000
PPN 10% =
Rp. 1500
= Rp. 31.500
Jadi biaya yang harus dikeluarkan
adalah= 31.500
BAB IV
PENUTUP
2.1 Kesimpulan
1. Kerusakan
yang sering terjadi pada rem tromol adalah kanvas rem habis
2. Untuk
memperbaiki kerusakan pada komponen remharus dilakukan beberapa tahapan proses
sebelum dilakukan pembongkaran.
3. Keadaan
berbunyi pada saat dilakukan pengereman adalah kanvas mengalami keausan atau
habis
2.2 Saran
1. Lakukan
perawatan pada komponen rem tromol dengan prosedur yang telah ditentukan
2. Pemeriksaan
secara berkala sangatlah penting untuk menjaga hal hal yang tidak diinginkan
3. Setiap
ingin perjalanan jauh hendaklah periksa dan servis komponen rem dengan benar
DAFTAR PUSTAKA
Situmorang
anggiat, 1998 .”Servis kendaraan ringan “ penerbit angkasa
ngopreksepedamotor.blogspot.com
edorusyanto.wordpress.com


Tidak ada komentar:
Posting Komentar